Widget HTML Atas

Nih Hukum Permainan Igo

Aturan dasar
  • Dua pemain, hitam dan putih, bergantian meletakkan kerikil pada titik-titik dari papan berukuran 19x19 (19 garis horizontal dan vertikal). Hitam mulai terlebih dahulu.
  • Tiap kerikil harus mempunyai liberti (titik bersebelahan yang kosong) biar sanggup tetap berada di papan. Batu-batu berwarna sama yang terhubung oleh garis disebut rantai, dan saling membuatkan liberti.
  • Saat sebuah kerikil atau rantai dikelilingi oleh batu-batu musuh sehingga tidak punya liberti lagi, kerikil atau rantai tersebut tertangkap dan dikeluarkan dari papan.
  • Jika sebuah kerikil tidak mempunyai liberti sesaat sehabis dimainkan, namun secara bersamaan menghilangkan liberti terakhir rantai lawan, maka yang tertangkap ialah rantai lawan.
  • "Aturan Ko": Sebuah kerikil dilarang dimainkan di titik tertentu, kalau langkah tersebut mengulang posisi papan pada langkah sebelumnya dari pemain yang bersangkutan.
  • Pemain sanggup melaksanakan pass sebagai alternatif dari meletakkan batu. Saat kedua pemain pass berturut-turut, permainan berakhir kemudian nilai dihitung.

batu berwarna sama yang terhubung oleh garis disebut rantai Nih Aturan permainan Igo
Gambar ini memperlihatkan satu rantai hitam dan dua rantai putih. Liberti masing-masing ditunjukkan dengan titik. Perhatikan bahwa liberti sanggup dibagi antar rantai. Jika putih bermain di daerah di mana kedua rantainya membuatkan liberti, maka kedua rantai tersebut akan terhubung menjadi satu
Nilai pemain ialah jumlah titik kosong yang hanya dikelilingi batu-batunya ditambah dengan jumlah kerikil musuh yang ditangkap. Pemain dengan nilai terbesar menang. (Perlu diketahui bahwa ada hukum yang memakai cara menghitung berbeda, namun hampir selalu memperlihatkan hasil yang sama.)

Ini ialah esensi permainan igo. Risiko tertangkap berarti batu-batu harus bekerja sama untuk menguasai wilayah, yang menciptakan permainannya sangat kompleks dan menarik. (Lihat pula strategi.)

Go tidak hanya memungkinkan permainan antar pemain dengan kekuatan sama (even game), tetapi juga permainan handicap antar pemain dengan kekuatan berbeda;
Jika putih bermain di A, rantai hitam akan kehilangan liberti terakhirnya, sehingga tertangkap dan dikeluarkan dari papan..


Aturan opsional

Aturan opsional termasuk:
  • nilai kompensasi, hampir selalu untuk pemain kedua, lihat komi;
  • batu kompensasi yang diletakkan di papan sebelum permainan bergilir dimulai, yang memungkinkan permainan menarik antar pemain dengan kekuatan berbeda (lihat handicap igo untuk gosip tambahan).

Sumber: Wikipedia